Posted by : Unknown 16/01/13

Cara Cek Validasi Template di W3C Validation - Template yang valid merupakan pertimbangan yang penting untuk kita lakukan pada template blog kita untuk memudahkan proses crawl oleh spider bot pada blog kita. Validitas tersebut diatur sedemikian rupa agar mudah dipahami oleh mesin atau bot dalam membaca runtutan kode dalam blog kita dan tentunya validitas ini didukung dengan kemudahan manusia juga dalam memahami makna markup kode tersebut yang berkala ditingkatkan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dan mudah tentunya.

Kita sering mendapati template yang berbayar maupun gratis yang mungkin karena sedikit kesilapan atau template lama yang tidak sesuai lagi dengan aturan baru dalam markup HTML terkini.
Jadi untuk mendapatkan hasil maksimal penting bagi kita untuk mengeceknya dan melakukan perbaikan seperlunya agar menghasilkan template yang lebih baik dan nyaman diterjemah oleh mesin maupun manusia.

Nah, untuk memulai misi validitasi template blog kita, silakan ikuti petunjuk berikut ini.

Markup Validation

Untuk mengecek valid atau tidaknya sebuah kode html, kita bisa mempergunakan Markup validation Tool yang disediakan oleh W3C
Caranya kita cukup mencentang semua opsi penting seperti Clean up Markup with HTML-Tidy yang berfungsi sebagai contoh saran kode untuk mengganti kode template blog yang mengalami error html dalam pengecekan tersebut agar menjadi valid.
Ketika kita menemukan saran yang lebih sesuai dari hasil pengecekan tersebut, kita dapat segera memperbaikinya untuk kemudian kita cek lagi apakah sudah valid atau belum. Sebelum kita mengedit template blog kita ada baiknya kita back up dulu dengan mendownload template kita untuk cadangan bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan template kita semakin error. hehehe

Silakan menuju ke http://validator.w3.org/ untuk mencobanya.

CSS Validation

Untuk memberi kesan tersendiri dan desain blog kita tentunya menggunakan CSS. CSS ini sendiri juga tidak terhindar dari error sehingga mengurangi validitas template kita dalam format kode CSS terkini. Ini juga mempengaruhi perayapan terhadap template kita. Untuk memudahkan proses tersebut, maka penting juga kita melakukan validasi dan perbaikan jika terdapat error pada CSS template kita.

Silakan lakukan CSS Validation melalui http://jigsaw.w3.org/css-validator/.



Selain Validasi terhadap HTML dan CSS, kita dapat juga melakukan beberapa validasi lainnya pada tool-tool yang tersedia di W3C Validation tersebut seperti validasi untuk feed dan versi mobile dari blog atau situs kita.

Untuk melakukan validasi terhadap feed blog kita dapat melakukannya di http://validator.w3.org/feed/
dan untuk blog versi mobile bisa kita lakukan di http://validator.w3.org/mobile/

Selamat mecoba dan semoga Cara Cek Validasi Template di W3C Validation tersebut bermanfaat bagi kita :)

{ 8 komentar... read them below or add yours. }

  1. Hehehehhe saya sering validasi HTML5 di sini, tapi dari dulu kagak valid valid ajah..... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sob..
      apalagi template blogger..
      menurut ane sie...
      mungkin karna malas aja kali yaah makanya ..

      tapi tetap semangat sob tuk validasi blognya.. |o|

      Hapus
  2. ijin nyoba sob, smoga sdikit ksalan pd blogku.. ^_^

    BalasHapus
  3. Ternyata setelah setelah Saya cek blog ane,hasilnya 13 error 4 warning
    Gimana yah cara supaya valid,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan itu sobat.. :-bd
      coba diperhatikan lagi sampai kepada widget2nya..
      semangaat..! :D

      Hapus
  4. wah kyknya template ane perrlu dirombak nih..
    tp lg mls..
    kunbal ya sob..

    BalasHapus

Komentari aja sesukamu.

Copyright © 2013 Blogger Tuts - Powered by Blogger